Salamat Datang Di Sekolah Bambu Nusantara , Menciptakan Wirausaha Baru

Friday, May 25, 2018

Sejarah Pendirian Sekolah Bambu Tangerang

Berdasarakan buku sejarah Pramoedya Ananta Toer dalam bukunya membahas sekitar tangerang dan industri tangerang tempo  hasil alam berupa topi bambu telah berjalan sejak 1887 dan 1930 tangerang sudah berhasil dalam ekspor kerajinan topibambu ke luar negeri.

Tanggal 25 Februari 2011 telah di bentuk Komunitas Topibambu di bentuk oleh inisator Moh Arief Widarto atau Kang Kombor bersama teman blogger Tangerang, dan dapat memberikan karya  nyata untuk mengangkat produk tangerang di mata dunia dimana mendapatkan Rekor Dunia Topibambu Terbesar 2 meter bulan agustus 2011 dari  museum Rekor Muri Indonesia.

Perjalanan komunitas topibambu ini dapat memberikan perubahan terhadap perekonomian produksi topibambu terbanyak 5.000 di kerjakan oleh masyarakat yang memiliki ke ahlian membuat topi bambu hingga tahun 2018 saat ini masih di produksi meskipun kebijakan topibambubpramuka tidak lagi di gunakan oleh kegiatan pramuka.

Tujuan

Berdasarakan latarbelakang tersebut kami pun merasa prihatin dengan SDM di tangerang untuk pengrajin bambu sudah mulai sedikit dan tidak ada regenerasi meskipun saat Sumber Alam di Tangerang sudah mulai berkurang untuk tanaman bambu nya.
Besar harapan Sekolah bambu Tangerang ini tidak berorientasi untuk bisnis saja namun lebih ke Sosial Entrepreunership dan melakukan rekkontruksi sosial agar sejarah, potensi dan produk desa dapat di manfaatkan dan menjadi produk dari desa yang di banggakan.

Adapun konsep sekolah ini memberikan edukasi kepada peserta baik masyarakat, pengganguran atau yang putus sekolah yang ingin belajar dan hasilnya bermanfaat bagi yang ingin berwirausaha.

Demikian penjelasan singkat Sekolah Bambu Tangerang , untuk lebih jelas danbingin kerjasama bisa hub 0813 8513 7473 (Kangagush)

Sekolah Bambu Tangerang
Edukasi dari Sekolah Bambu tangerang

Pemberdayaan Sekolah Bambu Tangerang
Hasil Pemberdayaan Sekolah Bambu Tangerang
Sejarah Industri tahun 1970 daerah Tangerang Dekat sungai Cisadane

No comments:

Post a Comment